Jumat, 03 April 2015

Tips Memasak di Kamar Kos Ala Koh Ryan [Part 1]

Jaman saya SD, saya sudah suka belajar masak, karena dulu sering bantu-bantu di dapur (maklum di rumah nggak ada anak perempuan yang bantuin Mama di dapur, jadi karena kebiasaan disuruh bantuin, jadi paham dikit lah barang-barang di dapur). Saya masih ingat masakan pertama yang saya buat ketika kelas 3 SD... Air. Masih gampang memang, tapi namanya tahap belajar kan nggak mungkin saya bisa langsung masak mi rebus ala tukang nasi goreng pinggir jalan yang rasanya jauh lebih enak daripada bikin mi rebus instan sendiri. Di kelas 6 SD saya sudah bisa masak nasi, mi instan, telur orak-arik, ceplok, dadar, tempe dan tahu goreng. Menginjak SMP saya mulai bereksperimen dengan sayur mayur, ikan, dan ayam. Pas SMA saya mulai belajar cara memasak ala tukang nasi goreng, yang rasanya selalu lebih enak daripada kalo kita bikin sendiri, dan sampai saya sudah kuliah sekarang ini, cara memasak itu masih belum bisa saya kuasai, dan masih menjadi misteri ._.

Oke, saya tekankan dulu ya, lelaki suka masak itu bukan hal yang aneh menurut saya. Nggak cuma perempuan yang boleh suka masak sebenarnya. "..Lelaki juga harus bisa masak. Kenapa? kalo udah berkeluarga (aamiin) dan istri lagi sakit atau hamil dan butuh istirahat, masa' iya kita sebagai suami (aamiin) maksa-maksa dia buat masakin kita, cuma buat memanjakan lidah dan perut kita? Sedangkan mereka juga butuh dimanjakan... (ceilah)... terus, kadang suami juga lebih jago masak daripada istri. Kita juga bisa menggunakan momen memasak bersama kayak gitu sebagai kesempatan untuk bercengkrama dengan istri sehingga terciptalah suasana yang akan menambah rasa cinta di hati masing-masing... (klepek-klepek)" - ini kata bapak-bapak yang jualan bubur mesir (yg bikin bapaknya loh) temen ngobrol saya pas kajian di Slipi dulu, hehe. 

Terinspirasi juga dari teman kajian saya dari IPB, Usamah, dia laki, sering bantu Ummi nya masak, pernah suatu ketika, pas istirahat kajian dia ngajak saya makan siang bareng-bareng teman-teman yang lain, majlas istilahnya, dia tawarkan bekal makan siangnya, nasi dengan lauk rendang. Rendangnya masakannya sendiri, bikinnya di dapur kosannya lagi. Rasanya top! Nggak cuma masak rendang, dia pernah memberi saran ke bapak-bapak jual serabi biar serabinya lebih lembut ada teknik-tekniknya, dia tahu, bahkan lebih ahli dari bapak-bapak jual serabi. Keren lah.

Oke, kenapa tiba-tiba saya nulis ginian. Ya, saya cuma bosen di kosan, apalagi semester 6 ini makin banyak liburnya. Jadi, tadi pagi saya coba aja eksperimen ini di kamar kos, terus saya coba bikin tulisannya juga, hoho. Dengan harapan bisa nambah referensi temen-temen yang baca ini :v *like a pro*

Iya. tips ini khusus untuk di kamar kos. Sekali lagi, kamar kos. Kamar. Bayangkan kamar tidur Anda, dibuat untuk masak memasak. Tips ini akan sangat cocok untuk temen-temen yang bernasib seperti saya. Hanya ada kamar kos. Tidak ada dapur pribadi atau dapur umum (ada dapur sih, cuma kurang sreg aja mau pakai dapurnya, kurang higienis sepertinya).

Sebelumnya, saya akan ceritakan sedikit kondisi di kamar kos saya. Kamar kos yang saya tempati, miliknya Pak Haji Anang, satu rumah isi 32 kamar. Satu kamar ukuran sekitar 3 x 3 meter. Ada satu kamar mandi kecil di dalam.  Sewa kos nya 700ribu per bulan, tapi saya  bayar per 3 bulanan jadi 650 ribu per bulannya. Deket masjid, alhamdulillah. Suasana di dalam kamar, ada satu rak 3 laci, satu rak buku 4 susun (rencana mau nambah lagi, udah nggak cukup buat naruh buku-buku yang tercecer), satu rak susun 3 yang isinya perabotan makan (nah ini nih markasnya senjata buat masak hari ini), satu lemari besar pakaian, dua box kecil, dan satu spring bed. Bisa bayangin dong ya, suasananya seperti apa di dalam. *No pic ya, lagi berantakan, tiap hari berantakan sih*

Jadi, bagaimana biar bisa tetep masak di kamar yang terbatas, Tanpa membuat kamar berbau asap dan berasa seperti dapur? Yang pasti, barang yang wajib ada di kamar adalah:
  • Rice Cooker. Saya pakai rice cooker ukuran kecil. Selama 3 tahun tidak digunakan akhirnya terpakai juga kamu, nak :v
  • Heater. Heater punya saya ukuran kecil juga. Dan selama 3 tahun ini, heater ini sudah banyak makan asam garam bersama saya dalam memasak mi instan :v
  • Air minum. Biasakan memasak apapun menggunakan air minum ini ya. Selain lebih higienis juga lebih sehat. Takutnya kalau saat proses masak tidak terlalu lama, air nya sudah pasti matang gitu.
  • Untuk yang lain-lain, sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Mungkin mau bawa dispenser, kulkas, kompor listrik, atau lain-lain. Tapi, di kamar saya yang pasti hanya ada tiga barang itu dan barang tambahan sbb: piring, sendok-garpu, gelas, pisau & gunting.

Buat yang baru pertama kali ngekos, memang persiapan perangnya agak dilengkapi ya. Nggak perlu banyak yang penting sesuai kebutuhan. Yang pasti sebelum masak, pastikan Buka jendela kamar lebar-lebar. Buka pintu kamar lebar-lebar. Biar udara di dalam kamar bisa bertukar ke luar.


Dan aturan penting setelah memasak adalah, jangan lupa untuk cuci-cuci. Saya cuci perabot memasak di dalam kamar mandi. Bau masakan dong kamar mandinya? Enggak lah. Setelah cuci-cuci, semua perabot di lap sampai bersih dan dimasukkan ke rak yang sudah disediakan. Setelah itu, bersihkan kamar mandinya. Digosok-gosok pakai karbol biar nggak bau dan kembali bersih.

Biar kamar nggak berasa seperti dapur, simpan semua peralatan memasak dalam rak. Saya pribadi sebenernya nggak terlalu suka dengan kamar yang berasa dapur. Semuanya numplek blek jadi satu. Tapi namanya juga iseng-iseng ya kapan lagi kayak gini, haha

Nah, makanan apa saja yang bisa dimasak di kamar kos an yang tidak berdapur & tanpa asap dengan peralatan di atas?

1. Mi Instan

Lumrah lah ya. Mi instan bisa dimasak dengan heater. Caranya sama seperti masak menggunakan kompor, cuma kompor dan pancinya diganti pakai heater.

TIPS 1 (kalo lagi rajin cuci-cuci)

1. Colokin listrik. Jangan sampai lupa, ini penting, nggak ada gunanya kamu melakukan langkah kedua sampai terakhir, kalo listriknya nggak dicolokin. Dan sayangnya banyak tutorial-turotial memasak menggunakan heater atau rice cooker di internet yang lupa mencantumkan langkah satu ini.
2. Tuang air minum ke dalam wadah heater
3. Set pemanas heater ke yang sangat panas (punya saya sampai skala 4 atau 5+)
4. Tunggu sampai air dalam heater berbuih
5. Masukkan mi dan masak sampai matang. Lebih lama dibandingkan dengan menggunakan kompor. Kira-kira 5 – 10 menit an lah.
Buat variasi, bisa dimasukin telor, bakso, atau sayur. Sajikan bersama bumbu kemasan yang sudah tersedia di dalam bungkus mi instan.

TIPS 2 (kalo lagi males cuci-cuci)

1. Colokin listrik. Jangan sampai lupa, ini penting, nggak ada gunanya kamu melakukan langkah kedua sampai terakhir, kalo listriknya nggak dicolokin. Dan sayangnya banyak tutorial-turotial memasak menggunakan heater atau rice cooker di internet yang lupa mencantumkan langkah satu ini.
2. Tuang air minum ke dalam wadah heater
3. Set pemanas heater ke yang sangat panas (punya saya sampai skala 4 atau 5+)
4. Tunggu sampai air dalam heater berbuih
5. Masukkan air yang sudah matang tadi ke dalam bungkus mi instan. Sajikan bersama bumbu kemasan yang sudah tersedia di dalam bungkus mi instan. Tunggu sampai mi instan terasa lunak dan bumbu sudah tercampur rata.

2. Telur Orak-arik

Goreng telur bisa pakai heater loh. Caranya sama seperti masak menggunakan kompor, cuma kompor dan wajannya diganti pakai heater.

1. Ingat! Colokin listrik. Jangan sampai lupa, ini penting, nggak ada gunanya kamu melakukan langkah kedua sampai terakhir, kalo listriknya nggak dicolokin. Dan sayangnya banyak tutorial-turotial memasak menggunakan heater atau rice cooker di internet yang lupa mencantumkan langkah satu ini.
2. Siapkan telur, mau telur ayam, telur bebek, atau telur puyuh terserah. Yang saya gunakan telur ayam, gampang carinya.
3. Set pemanas heater ke yang sangat panas (punya saya sampai skala 4 atau 5+)
4. Masukkan mentega. Mentega ini, sebagai pengganti minyak goreng. Biarkan sampai meleleh ya.
5. Masukkan telur ke dalam heater dengan lelehan mentega tadi. Ingat! pecahkan dulu telurnya, jangan langsung dimasukkan beserta kulitnya!
6. Ini tahap yang paling mudah, terserah style kalian gimana. Acak-acak aja telurnya. Saya acak-acaknya pakai sendok, nggak mampu kalo pakai tangan kosong, saya bukan Limbad. Acak-acaknya sampai matang ya dan jangan lupa dikasih garam secukupnya, karena nggak pakai kompor, matangnya agak lama, sekitar 10-20 menitan.
7. Setelah matang, telur orak-ariknya siap disantap atau digunakan untuk masakan di bawah ini:

3. Nasi Goreng

Wuahaha. Bisa banget masak nasi goreng di dalam rice cooker. Ya bisa lah,namanya aja rice cooker, yang artinya Pemasak Nasi. Berarti nasi goreng pun juga bisa. Caranya sbb:

0. Cuci dulu rice cooker-nya. Kenapa? soalnya rice cooker yang saya gunakan ternyata belum dicuci setelah dipakai buat masak-masak pas jalan-jalan Kopma bulan Desember 2014 lalu. Baunya itu loh -.-
1. Nah, ingat lagi! Colokin listrik. Jangan sampai lupa, ini penting, nggak ada gunanya kamu melakukan langkah kedua sampai terakhir, kalo listriknya nggak dicolokin. Dan sayangnya banyak tutorial-turotial memasak menggunakan heater atau rice cooker di internet yang lupa mencantumkan langkah satu ini.
2. Masak beras sampai jadi nasi di dalam rice cooker.
3. Taruh nasi di piring, dan cuci dulu wadah yang digunakan masak nasi tadi biar bersih. Kalau saya sih, nggak pake dicuci. Langsung dipakai lagi. (*males, kan baru aja nyuci*)
4. Siapkan rice cooker. Dan kondisikan dalam keadaan “cooking” bukan “warm
5. Masukkan mentega. Mentega ini, sebagai pengganti minyak goreng. Biarkan sampai meleleh ya.
6. Masukkan irisan bawang putih. Karena bawang putih aman dimakan dalam kondisi matang atau mentah, jadi kalau proses masak di dalam rice cooker ini dirasa kurang matang, masih aman buat dimakan. Inget, tingkat panas rice cooker sama kompor beda ya. Don’t expect too much! Aduk-aduk. Saya ngaduknya cukup pakai sendok aja.
7. Masukkan telur orak-arik, irisan sosis atau kornet. Saya pilih yang siap makan, jadi udah pasti mateng nya. Aduk aduk. Sesuaikan kata hati, mau diaduk sampe kapan. Hahah. Ya kalau dirasa udah cukup, ya udah nggak usah diaduk lagi.
8. Masukkan bumbu nasi goreng instan. Ini kalau buat saya wajib hukumnya. Pilih bumbu instan yang sudah matang.  Aduk aduk.
9. Masukkan nasi. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata.  Tutup rice cooker-nya sekitar 5 – 10 menit. Fungsinya, biar semua bahan tadi tercampur dan termasak dengan matang.
10. Dicicipin dulu, tapi jangan langsung dihabisin, masih panas, kasian mulutnya ntar. Kalau kurang asin, tambahin garam. Kalau kurang manis, tambahin saos atau kecap. Dan setelah itu, nasi goreng siap disantap!

Jeng..jeng..jeng
Rasa jangan ditanya, cukup saya dan Allah yang tahu

Mudah kan? hanya menggunakan heater dan rice cooker. Selain praktis juga tidak berasap banyak. Ada yang bilang, masak di heater atau rice cooker sama masak di kompor itu rasanya beda. Ya jelas beda. Tapi mau gimana lagi? Mau maksa naruh kompor di dalam kamar? Ya monggo.  Saya pribadi sih nggak suka kalau ada kompor di dalam kamar tidur. Selain karena keterbatasan ruangan, juga bukan kodratnya. Namanya juga “kos” nggak bisa disamain seperti “rumah”. Kita sebaiknya memanfaatkan apa yang ada semaksimal mungkin.

Berikut ini hikmah-hikmah yang saya dapatkan dari aktivitas memasak yang saya lakukan:

1. Saat masakan kita telah matang, maka hadirkanlah dalam benak kita betapa Allah telah menganugerahkan kepada kita nikmat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kita.

2. Saat memasak, cobalah untuk mengingat bahwa di luar sana masih banyak dapur-dapur yang tidak mengepul. Alangkah indahnya jika kita biasakan untuk selalu mengingat nasib fakir miskin, anak yatim, dan orang-orang yang membutuhkan yang ada di lingkungan tempat tinggal kita. Jika memungkinkan, kita bisa menyisakan sedikit dari jatah makan kita untuk mereka sebagai bentuk kepedulian kita terhadap mereka.

Nahh. itulah tips masak-memasak dari saya. Mungkin lain waktu, kalau ada waktu senggang lagi saya mau coba masak-masak yang Part 2 nya, in syaa' Allah. :)

9 komentar:

  1. Penasaran sama heater yang dipake. Bisa kasih fotonya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini penampakannya http://202.67.224.130/pdimage/76/2900676_pansayota2000.jpg

      terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. hadeh... heater ku gosong keluar asap gara gara nyoba tips ini. masak telur dadar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masak telur utuh (dadar/ceplok/omelet) saya sarankan pakai rice cooker aja, kalau ada kompor itu lebih baik.. fungsi utama heater adalah utk memanaskan jadi pasti ada keterbatasan juga dalam penggunaannya

      Hapus
  3. Thanks koh semoga bermanfaat buat aku yg males keluar beli makan. (Gak ada dapurnya kosan gue ๐Ÿ˜‚)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kak ada tips buat masak nasi pakek heater. ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. Senasib, jadi sering2 bersyukur bahagialah ehehe ๐Ÿ™Œ

    BalasHapus